Headlines News :
Home » , , » Kue Burayot Makanan khas dari Kota Garut

Kue Burayot Makanan khas dari Kota Garut

Written By Unknown on Jumat, 26 April 2013 | 01.26


Orang lebih mengenal Kota Garut dengan kue dodol/chocodotnya, tetapi Kota Garut punya makanan khas lainnya salah satunya adalah Burayot.

Burayot, adalah salah satu kue khas Kota Garut, kue Burayot ini khas dari seputar Kec. Leles, Kec. Kadungora dan Kec. Wanaraja, Kue tradisional ini kebanyakan di hidangkan dihari lebaran, Burayot adalah panganan sederhana yang terbuat dari dua jenis yaitu tepung beras dan gula aren. Memang kue Burayot ini kalah populer atau bahkan banyak yang tidak tahu atau mengenalnya, orang lebih banyak mengenal oleh-oleh dari Garut adalah Dodol/Chocodot Garut sehingga Garut lebih dikenal sebagai kota dodol.

Adapun cara membuatnya adalah dengan menggodok gula aren sampai menjadi cair. Gula yang digunakan pun harus gula aren kalau gula merah biasa maka akan merubah rasa dan warna, lalu di tuang kedalam adonan tepung beras dan santan. Setelah semuanya tercampur rata dibuat bentuk bulat pipih tidak terlalu besar mirip martabak telor tapi tidak terlalu tipis karena akan mengembang. Lalu di goreng dengan minyak yang sudah panas, menggorengnya satu persatu dengan cara disiram sambil ditusuk dengan bilah bambu yang lancip maka tepungnya akan menggelantung/menggelayut kebawah atau dalam bahasa sundanya ngaburayot.Mungkin inilah sebabnya kue ini dinamakan Burayot.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Media Garut Online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Media Garut Online